Pengalaman Belajar Bahasa Pemrograman R dan Rstudio di Shift Academy

Saturday, January 30, 2021

 

Penutupan Kelas R for Research Mastery & Data Science di Shift Academy 
Rabu, 27 Januari 2021 lalu menjadi hari teakhir pertemuan kelas "Penggunaan R untuk Riset dan Data Science". Selama hampir sebulan penuh saya mempelajari bahasa pemrograman R dengan software Rstudio dengan rincian materi pembelajaran sebagai berikut:


Session 1 - Introduction to R (R Studio)

Session 2 - Data visualization

Session 3 - Hypothesis test, Chi Square Analysis and Correlation Analysis

Session 4 - Analysis of Variance (One Factor)

Session 5 - Analysis of Variance (Two Factor)

Session 6 - Regression Analysis (Simple and Multiple)

Session 7 - Data Distribution and Simulation

Session 8 - Non-Parametric Analysis 

Session 9 - Time Series Analysis 

Session 10 – Experimental Design or Non-linear analysis

Pembelajaran dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom setiap hari Senin, Rabu dan Jumat pukul 19.00 WIB. dengan insturuktur ibu Nanda Rizqia Pradana Ratnasari, S.Si, M.Stats. Pengalaman belajar ini menuru saya sangat seru sekali karena background saya sebagai Ekonom, bukanlah IT ataupun dengan latar belakang Statistika. hal itu membuat saya perlu ekstra effort untuk mengejar materi yang diajarkan. Kini, setelah post test saya berencana untuk mendalami lagi materi tentang R, dengan harapan saya dapat memulai Riset Pasar saaya secara mandiri.

Untuk rekan-rekan yang ingin mempelajari R untuk Riset dan Data Science dapat mengunjungi laman dibawah ini:

R for Research Mastery - Shift Academy


You Might Also Like

0 comments